Sabtu, 18 Desember 2010

Gunung Merbabu Akan Meletus ??????

Gunung Merbabu yang terletak bersebelahan dengan Gunung Merapai, masuk dalam wilayah Boyolali. Gunung Merbabu berpontesi meletus, menurut Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK)Jogjakarta mempredeksi erupsi gunung Merbabu bisa lebih dahsyat.

Gunung Merbabu kini bersatatus aktif, tapi tipe dari gunung Merbabu termasuk tipe B berbeda dengan gung Merapai yang masuk tipe A, artinya gunung Merbabu masih ada potensi meletus namun periode letusannya secara berkala tidak setiap tahun seperti gunung Merapai atau gunung berapai lainnya yang masik dalam kategori A, menurut Kepala Seksie BPPTK Jogjakarta Sri Sumarti.

Menurut Sri Sumarti, kondisi gunung Merbabu tidak mati total namum masih aktif normal tipe B. BPPTK telah mengakji aktivitas gunung Merbabu dalam beberapa periode silam berstatus Aktif tipe A, lalu tenang namun belum bisa menjadi jaminan tidak meletus kembali.

Kategori gunung Aktif Tipe B adalah periode letusannya puluhan hingga ratusan tahun sekali, sehingga ketenangan pascaaktifnya Merbabu beberapa tahun silam belum menjadi jaminan bahwa Merbabu benar-benar sudah tidak aktif lagi atau mati sebagai gunung berapi.

Fenomena gunung di Filiphina yang kondisi gunung mirip dengan Merbabu dan dianggap gunung mati tidak disangka mengeluarkan letusan, gunung diFiliphina sudah ratusan tahun diam dan secara mengejutkan mengeluarkan letusan, hal ini tidak menutup kemungkinan dengan gunung Merbababu, hal ini membahayakan daerah Boyolali, Salatiga dan sekitarnya

Jika mengacu pada periode letusan ratusan tahun sekali, kata dia, Merbabu juga perlu diwaspadai. Lebih lanjut Sri Sumarti menjelaskan jenis gunung berapi yang berstatus aktif tipe B ada puluhan yakni gunung-gunung yang pernah aktif namun lama terdiam.

Sedangkan gunung berapi yang statusnya aktif tipe A ada 129 dengan periode letusan dua sampai tujuh tahun. ”Salah satunya yang terkenal aktif di dunia adalah Merapi,” terang dia.

Sumber : creativesimo

0 comments:

Posting Komentar